Minggu, 29 Mei 2016

Faktor-faktor yang Meningkatkan Daya Saing Daerah



Faktor-faktor yang Meningkatkan Daya Saing Daerah

Daya saing daerah merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh dalam kesejahteraan masyarakat disuatu daerah. Dimana daya saing suatu daerah dengan daerah lain menunjukkan bahwa adanya kompetisi antar daerah untuk menunjukkan bahwa daerah tersebut memiliki potensi lebih daripada daerah yang lainnya. Daya saing daerah menjadi salah satu yang utama dalam pembangunan daerah. Daya saing daerah juga diartikan sebagai kemampuan untuk memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan disamping kemampuan mempertahankan pendapatan yang tinggi dan berkelanjutan.  Semakin tinggi tingkat daya saing daerah, maka tingkat kesejahteraan masyarakatnya pun semakin tinggi.
Faktor-faktor yang meningkatkan daya saing daerah:
1.      Sumberdaya Alam
2.      Sumberdaya Energi
3.      Sumberdaya Manusia
4.      Teknologi
5.      Entrepreneur

Sumberdaya Alam
Sumberdaya alam merupakan factor dimana suatu daerah tersebut memiliki anugrah yang diberikan oleh sang pencipta yang dapat berpengaruh dalam kemajuan suatu daerah. Suatu daerah dapat memanfaatkan sumberdaya alamnya untuk meningkatkan daya saing daerah, yang dapat meningkatkan pendapatan disuatu daerah dengan mengelola sumberdaya alam yang dimiliki. Salah satu contoh pengelolaan sumberdaya alam, yaitu dengan memanfaatkan sebagai tempat wisata yang berpengaruh meningkatkan pendapatan disuatu daerah tersebut.

Sumberdaya Energi
Sumberdaya Energi juga sangatlah penting untuk mendorong kemajuan di suatu daerah. Tanpa adanya sumberdaya energi, daerah tersebut akan sangat sulit dalam meningkatkan kamajuan daerah. Salah satu contoh sumberdaya energy, yaitu listrik. Tanpa adanya listrik di daerah tersebut, maka akan sulit untuk meningkatkan daya saing antar daerah karena investor akan sulit masuk. Produsen akan kesulitan untuk memproduksi suatu output tanpa adanya listrik.

Sumberdaya Manusia
Sumberdaya Manusia merupakan pelaku dan obyek dari pembangunan. Sumberdaya manusia banyak berpengaruh terhadap ketersediaan tenaga kerja yang memadahi sehingga usaha-usaha baru cukup mudah untuk mencari tenaga kerja. Kualitas tenaga kerja tercermin dari tingkat pendidikannya, sehingga menciptakan keunggulan yang kompetitif. Sumberdaya manusia yang unggul dapat pula menciptakan inovasi-inovasi kegiatan usaha dan teknologi yang baru, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan bukan malah menghambat pembangunan.

Teknologi
Tekonologi merupakan factor terpenting dalam proses pembangunan dan pertumbuhan. Alasan teknologi menjadi factor terpenting, karena dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi suatu daerah dipengaruhi oleh produksi yang efisien. Suatu produksi dapat efisien dengan adanya teknologi yang maju.

Entrepreneur
Entrepreneur memiliki peran yang sangat vital dalam membangun perekonomian suatu daerah. Munculnya usaha kecil hingga usaha besar diawali dengan jiwa kewirausahaan. Pembangunan usaha yang produktif akan meningkatkan pertumbuhan output dan memperluas transaksi barang dan jasa dalam suatu daerah, hal tersebut akan meningkatkaan pertumbuhan serta kemajuan ekonomi didalam suatu daerah. Entrepreneur ini juga akan menyerap tenaga kerja yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di suatu daerah tersebut. Tanpa adanya entrepreneur daerah tersebut tidak akan maju serta terjadi banyak pengangguran.

Kesimpulan:
Suatu daerah akan maju atau dapat meningkatkan daya saing daerah jika memiliki absolute advantage, comparative  advantage. Hal tersebut akan terjadi jika tercapai factor-faktor yang meningkatkan daya saing daerah, yaitu: Sumberdaya Alam, Sumberdaya Energi, Sumberdaya Manusia, Teknologi, serta Entrepreneur.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar